Home » Sekretariat » Peringatan Hari Kartini Diwarnai Lomba Masak Kaum Bapak
KARTINI MODERN. Suasana apel peringatan hari Kartini di lingkungan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus.

Peringatan Hari Kartini Diwarnai Lomba Masak Kaum Bapak

Mejobo,- Apel peringatan hari kartini Ke-139 digelar di halaman kantor Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus. Sebagai pemimpin apel, Ir Suartati Agustin ( Kabid Ketahanan Pangan), lalu komandan apel Arin Nikmah STP ( Plt Kabid Tanaman Pangan dan Perkebunan) dan pembaca riwayat kartini Dwi Listiyani SPt MSi, Kasie Usaha Sarana dan Prasarana Bidang Peternakan. Usai upacara digelar lomba masak dengan peserta dari bapak-bapak pejabat struktural di lingkungan Dispertanpangan.

DIDEPAN. Para bapak berada di barisan belakang kartini-kartini saat apel peringatan hari Kartini ke 139.

Suartati Agustin membacakan sambutan dari Bupati Kudus Dr H. Musthofa SE MM.

“ Bersyukurlah perempuan Indonesia yang telah pernah memiliki seorang pelopor pejuang nasib kaum perempuan. Sehingga derajat kaum perempuan terangkat dari jurang kenistaan. Untuk itu perempuan indonesia wajib meneruskan kepeloporan dan cita-cita raden ajeng kartini ,” kata Suartati Agustin.

Di setiap aliran kehidupan, lanjutnya, perempuan sudah dipastikan hadir dan berkontribusi dalam menjalankan perannya di tengah-tengah kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Perempuan secara individu dan kolektif melakukan berbagai pekerjaan, mulai dari pekerjaan fisik maupun secara pikir. Tidak hanya itu, perempuan juga adalah penentu arah generasi selanjutnya, karena di tangan perempuanlah lahir anak-anak bangsa yang dididik oleh perempuan.

Seiring dengan tema peringatan Kartini ke-139 “ Dengans emangat Kartini kita tingkatkan kualits keluarga dalam menguatkan pendidikan karakter generasi penerus bangsa”. Hal ini mengisyaratkan kepada kita akan peran perempuan utamanya peran sebagai ibu dalam memberikan pendidikan kepada anak tidak hanya ilmu eksak, namun pendidikan karakterpun perlu ditanamkan pada jiwa setiap anak.

Berawal dari tangan-tangan perempuan, lahirkan berbagai macam karakter anak. Terciptanya karakter baik atau buruk dalam mental dna hati anak adalah tanggungjawab orangtua terlebih seorang ibu. Sehingga membentuk karakter anak-anak bangsa tergantung pula pada kerangka pikir seorang ibu. Kerangka pikir yang dewasa , terbuka serta memahami nilai-nilai dasar luhur budaya akan dapat membentuk serta menularkan nilai-nilai moral.

MASAK. Suasana lomba memasak nasi goreng dengan peserta kaum bapak pejabat struktural.

“Untuk itu, marilah momentum peringatan hari Kartini yang ke 139 ini, Sata tiada henti-hentinya mengajak kaum perempuan khususnya di Kabupaten Kudus ini untuk menjawab tanggungjawab tersebut dengan terus meningkatkan kualitas diri. Baik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, seiring dengan upaya mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan kesadaran itulah kaum wanita akan senantiasa mampu mewujudkan perannnya yang demikian penting dan strategis. Tidak hanya menjadi wanita karier yang sukses, sekaligus pula dalam mengemban kodratnya mendukung terwujudkan keluarga sebagai tempat tumbuhnya generasi penerus yang taqwa, cerdas, terampil, tanggap, tangguh dan berakhlakul karimah serta berkarakter ,” jelasnya.

BONUS. Catur Sulistiyanto menyerahkan hadiah untuk juara pertama ditambah bonus khusus.

Selesai apel, para “kartini” Dispertanpangan menggelar lomba memasak nasi goreng dengan peserta para bapak yang menduduki jabatan struktural. Sebagai jurinya yakni Catur Sulistiyanto S.Sos MM ( Kadispertanpangan), drh Sa’diyah ( Kabid Peternakan) dan Ari Mulyani SP ( Kasie Konsumsi dan Keanekaragaman Pangan Bidang Ketahanan Pangan).

Setelah melalui penilaian ketat dengan kriteria Rasa, Penyajian dan proses pembuatan akhirnya terpilih tiga pemenang. Yakni Juara Pertama diraih Sidi Pramono ( Kasie Produksi dan kesehatan hewan Bidang Peternakan). Juara kedua, Argo Sunanto ( KJF) dan ketiga yakni Sudibyo ( Kepala UPT RPH Kudus).

BERSAMA. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan bersama juri masak foto bersama dengan para pemenang lomba masak nasi goreng.

“ Nama nasi gorengnya, nasgor HARUM. Alhamdulillah jadi juara. Terima kasih untuk pak Kadin, Bapak Catur Sulistiyanto, atas bonus khususnya ,” ucap Sidi Pramono usai menerima hadiah sambil tersenyum. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kadispertanpangan Bersama Dandim 0722 Kunjungi Mitra Bulog

Undaan,- Serapan beras dari hasil panen petani di wilayah Kabupaten Kudus oleh Perum Bulog yang ...