Home » Peternakan » Pemeriksaan dan Pengobatan Hewan Ternak Jelang Idul Adha
PERIKSA. Sidi Pramono (bertopi) memimpin pemeriksaan kesehatan hewan milik peternak sebagai upaya pencegahan tidak terjangkit penyakit menular.

Pemeriksaan dan Pengobatan Hewan Ternak Jelang Idul Adha

Mejobo,- Hari raya Idul Adha kurang satu bulan lagi. Guna memastikan kualitas hewan ternak yang bakal dijadikan kurban, Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus yang dipimpin Catur Sulistiyanto S.Sos MM melalui Bidang Peternakan melakukan operasi khusus. Yakni pengobatan di beberapa kelompok tani ternak di 9 kecamatan sebagai antisipasi dan pencegahan penyakit menular.

Sidi Pramono, Kepala Seksi Produksi dan Kesehatan Hewan Bidang Peternakan pada Dispertanpangan Kudus mengatakan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak bulan lalu.

“ Pada bulan Maret, kita telah melakukan pengobatan 500 ekor ternak besar ( sapi dan kerbau) dan 1000 ternak kecil (kambing dan domba) ,” ungkap Sidi Pramono didampingi drh Anton Cahyono.

SUNTIK. Dokter hewan Anton Cahyono saat menyuntikkan vitamin pada sapi milik peternak di desa Megawon.

Kemudian, sambungnya, pada hari Kamis kembali dilakukan pengobatan, pengambilan sampel darah dan pengobatan gangguan reproduksi pada sapi betina. Target bulan ini 1000 ekor ternak besar ( sapi dan kerbau) dan 1000 ekor ternak kecil. Sedangkan pengobatan pada gangguan reproduksi pada sapi betina jumlahnya 250 ekor.

Sebagai penguat kesehatan diberikan suntikan vitamin, sedangkan untuk pencegahan penyakit parasiter diberikan obat cacing. Agar cepat tersebar ke peternak, dikerahkan tenaga pendukung yakni Zaenuri, Bambang SR, Solahudin dan Budi Mulyono.

“ Kita telah membagikan obat cacing ke beberapa peternak sapi, kerbau, kambing dan domba. Pemberian bulan ini diharapkan pada saat akan dijadikan hewan kurban nanti kondisinya sudah sehat dan bagus untuk disembelih. Jadi dagingnya benar-benar sehat untuk dikonsumsi ,” tuturnya.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Pangan Kudus juga akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan terhadap pada pengepul hewan kurban dari luar Kudus.

“ Sekarang untuk para peternak lokal. Nanti semakin mendekati Idhul Adha juga memantau hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah oleh para pengepul. Untuk sapi ada tapi biasanya tidak terlalu banyak, karena masih banyak masyarakat yang memegang tradisi Sunan Kudus. Yaitu tidak menyembelih sapi. Untuk kerbau biasanya didatangkan dari Pati, Grobogan, Demak dan sejumlah kota di Jawa Timur ,” paparnya.

Sedangkan pada satu minggu menjelang Idhul Adha, Bidang Peternakan akan mensosialisasikan cara memeriksa dan memotong hewan kurban agar masyarakat mendapatkan daging yang layak konsumsi.

“ Sedangkan pada hari H, seperti tahun sebelumnya juga akan menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan pada daging dan jerohan. Apabila ditemukan jerohan tidak sehat, maka harus dimusnahkan ,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kadinpertanpangan, Perhutani dan Peternak Lebah Mulai Hijaukan Logung

Jekulo,- Meski cuaca pagi diguyur hujan lebat, namun program penanaman penghijauan sebagai lokasi penggembalaan lebah ...