Home » Sekretariat » Dispertanpangan Siapkan Petani Muda Modern Melalui Saka Tarunabumi
OPTIMIS. Kadispertanpangan yang juga Ka Mabisaka Tarunabumi menyampaikan pengarahan dan mengajak para anggota Saka Tarunabumi untuk belajar tentang pertanian modern.

Dispertanpangan Siapkan Petani Muda Modern Melalui Saka Tarunabumi

Mejobo,- Sektor pertanian menjadi salahsatu komponen pembangunan nasional dalam menuju swasembada pangan sekaligus guna mengentaskan kemiskinan. Namun seiring perkembangan jaman, kebanyakan masyarakat terutama generasi muda sedikit yang melirik dunia pertanian. Padahal di negara-negara modern sekarang mulai gerakan pertanian dengan peralatan modern.

Nah, guna menyiapkan generasi muda yang mencintai dunia pertanian, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus , Catur Sulistiyanto S.Sos MM  yang juga Ka Mabisaka Tarunabumi Kudus mengajak para pelajar yang tergabung dalam pramuka Saka Tarunabumi Kabupaten Kudus untuk berfikir menjadi petani modern.

PETANI MUDA. Ka Mabisaka Tarunabumi, Catur Sulistiyanto, menyematkan badge ke anggota Saka Tarunabumi 2018 di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kudus.

“ Salahsatu tugas Dinas Pertanian dan Pangan Kudus adalah mencetak generasi muda yang cinta dunia pertanian. Tentunya, petaninya zaman now. Sebab sekarang pertanian sudah berpindah ke mekanisasi. Mempergunakan mesin-mesin seperti di negara modern. Sekali lagi, selamat bergabung di dunia pertanian ,” kata Catur Sulistiyanto, selaku Ka Mabisaka saat memberikan sambutan usai melantik anggota Saka Tarunabumi tahun 2018 di halaman kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Minggu (15/04) didampingi Moch Rozi SP, Ketua Saka Tarunabumi dan Heru Budi Hartawan, Pamong Saka Tarunabumi.

Lebihlanjut diungkapkan, pihaknya bangga melihat generasi penerus yang ternyata masih ingin berkecimpung di dunia pertanian. Oleh karena itu, untuk menyesuaikan perkembangan dunia pertanian modern, para anggota Saka Tarunabumi agar mempelajari tentang alat mesin pertanian (alsintan) yang dimiliki Dinas Pertanian dan Pangan Kudus.

“ Tidak hanya dunia pertanian dengan mesin-mesin modern-nya. Kita persilahkan juga untuk belajar tentang peternakan dan perikanan serta lainnya di lingkungan Dinas Pertanian ,” harapnya.

Selain itu, para anggota Saka Tarunabumi yang notabene generasi muda zaman now yang aktif dalam dunia media sosial harus bisa memilih dan memilah berita sehingga tidak dan terbawa arus berita hoax.

REGENERASI. Para anggota Saka Tarunabumi saat mengikuti upacara pelantikan dengan hikmat.

Sebagai gambaran Saka Tarunabumi adalah wadah bagi pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya. Sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian.

Saka Tarunabumi meliputi 5 krida. Yaitu Krida Pertanian dan Tanaman Pangan, Krida Pertanian Tanaman Perkebunan, Krida Perikanan, Krida Peternakan dan Krida Pertanian tanaman Hortikultura.

Ketua Saka Tarunabumi Kudus, Moch Rozi, menambahkan bahwa dengan prosesi pelantikan ini otomatis sudah menjadi anggota dunia pertanian.

“ Jadi selanjutnya mereka kita persiapkan untuk menjadi generasi penerus dunia pertanian mendatang. Aktifitasnya dilakukan di BPP Kecamatan Gebog secara berkelanjutan ,” terang Moch Rozi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kadispertanpangan Bersama Dandim 0722 Kunjungi Mitra Bulog

Undaan,- Serapan beras dari hasil panen petani di wilayah Kabupaten Kudus oleh Perum Bulog yang ...