Home » Sekretariat » Bupati Kudus Musthofa Buka Puasa Bersama Poktan-Gapoktan
BAHAGIA. Bupati Kudus Musthofa menyerahkan secara simbolis bantuan alat mesin pertanian pada poktan dan gapoktan di pendopo Pemkab Kudus.

Bupati Kudus Musthofa Buka Puasa Bersama Poktan-Gapoktan

Kota,- Ratusan petani yang tergabung dalam kelompok tani (poktan) dan Gabungan kelompok tani (gapoktan) tersenyum bahagia saat menghadiri buka puasa bersama Bupati Kudus Dr H Musthofa SE MM dan jajaran Forkopinda Kudus. Acara ini dilaksanakan di pendopo Pemerintah Kabupaten Kudus, Rabu (06/06).

LAPORAN. Catur Sulistiyanto, Kadispertanpangan Kudus, menyampaikan laporan tentang perkembangan pertanian di kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto S.Sos MM, selaku pembina para poktan dan gapoktan dalam laporannya menyampaikan bahwa kehadiran para petani di pendopo merupakan kebahagiaan tersendiri. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk pengembangan mekanisasi pertanian.

“ Ini sesuai dengan perintah Bapak Bupati, bahwa kami dinas untuk selalu hadir ditengah-tengah petani. Oleh karena itu, mohon arahan dan pembinaan dari bapak Bupati Kudus. Petani yang hadir disini 637 anggota 87 poktan-gapoktan dari sembilan kecamatan. Sedangkan bantuan nanti yang diterimakan sebanyak 171 unit dari berbagai jenis ,” kata Catur Sulistiyanto.

Alsintan yang diserahkan ke petani yakni traktor roda dua 10 unit, pompa air berbagai ukuran 37 unit, Rice Transplanter 9 unit, Corn Sheller 6 unit, Hand Sprayer 114 unit, Power Trasher Multiguna 7 unit.

“ Total nominal Rp 1.598.475.300 yang berasal dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Tengah ,” tambahnya.

Bupati Musthofa dalam sambutannya menyampaikan bahwa alsintan yang diserahterimakan agar dipergunakan untuk kemajuan dalam pertanian.

PESAN. Bupati Kudus menyampaikan hanya satu pesan, agar tidak memindah tangankan alsintan yang diterima ke pihak lain.

“ Pesan saya hanya satu. Jangan pindah tangankan alsintannya. Apalagi kalau sampai dijual, maka akan segera berurusan dengan pihak kepolisian. Karena itu sekarang disini hadir Polres Kudus, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Kudus. Jadi sekali lagi, pesan saya hanya satu itu ,” pesan Bupati Kudus Musthofa.

Selama memimpin Kabupaten Kudus dua periode atau sepuluh tahun, pihaknya selalu turun ke lapangan untuk melihat hasil pembangunan dan kondisi pertanian. Hasilnya, beberapa tahun terakhir sudah meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Terutama dari jumlah produksi dan penggunaan teknologi pertanian.

BERSAMA. Para perwakilan poktan gapoktan yang menerima alsintan secara simbolis berfoto bersama dengan jajaran forkopinda Kudus.

“ Jaman sekarang sudah maju, jadi sudah waktunya menggunakan teknologi yaitu alsintan. Kalau nanti sampai ada tetangga ngerasani bahwa penggunaan teknologi membuat para buruh nderep nganggur, diajak dialog baik-baik. Sebab sekarang mencari buruh pertanian semakin sulit. Mesin panen Combine itu sangat efisien dan menguntungkan petani, tetapi juga dirasani para buruh panen yang jumlahnya makin terbatas. Saat panen malah jadi rebutan. Nah, mesin pertanian menjadi solusi terbaik. Karena itu, kalau ada tetangga yang menjadi buruh pertanian diajak ngomong baik-baik. Saya yakin mereka juga akan paham ,” tuturnya.

Sunari, poktan Rahayu Makmur Desa Bae kecamatan Bae, salahsatu penerima alsintan jenis traktor roda dua, mengucapkan sangat berterimakasih pada Bupati Kudus Musthofa dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto. Sebab dengan diterimanya alsintan tersebut sangat membantu dalam mengolah lahan pertanian di kelompok taninya.

SESUAI. Catur Sulistiyanto (baju putih) berada ditengah-tengah poktan yang sedang membawa alsintan untuk dinaikkan kendaraan masing-masing.

“ Selama ini kami mengolah lahan pakai sapi. Satu hari ya satu petak. Nah, dengan menggunakan TR 2 ini sehari bisa lima petak. Jadi sangat-sangat menguntungkan petani. Karena itu kami menyampaikan sangat-sangat berterimakasih pada bapak Bupati Kudus Bapak Musthofa dan Pak Catur selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus. Istilahnya, kalau para karyawan pabrik dapat THR uang, kami petani sekarang dapat THR Alsintan ,” ucap Sunari yang dibenarkan para anggota poktannya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kadispertanpangan Bersama Dandim 0722 Kunjungi Mitra Bulog

Undaan,- Serapan beras dari hasil panen petani di wilayah Kabupaten Kudus oleh Perum Bulog yang ...