Home » BBT » Tahun 2018 Kudus Bakal Punya Gedung Ikan Hias
SINERGI. Catur Sulistiyanto bersama Ashief Maftuch mengamati kolam pembesaran ikan hias jenis koi di BBI Margorejo.

Tahun 2018 Kudus Bakal Punya Gedung Ikan Hias

Dawe,- Para penghobi ikan hias di wilayah Kabupaten Kudus dan sekitarnya bakal punya tempat jujugan untuk menambah koleksinya. Pasalnya, Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus bakal merubah halaman depan Komplek Balai Benih Ikan ( BBI) Margorejo kecamatan Dawe menjadi pusat perdagangan dan wisata ikan hias. Hal ini terungkap saat kunjungan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto S.Sos MM, didampingi Abdullah Muttaqin, Kepala UPT BBI dan Tanaman Dispertanpangan, Sabtu (28/10).

GERBANG. Kadispertanpangan berdiskusi tentang desain pintu depan yang menjadi wajah BBI Margorejo.

Gedung bagian depan sebelah kiri yang saat ini sebagai aula, bakal di rubah menjadi show room aneka ikan. Mulai dari koi, koki, guppy dan lainnya. Sedangkan rumah dinas yang selama ini kosong akan disulap menjadi ruang transit tamu dan ruang pertemuan kelompok ikan hias.

“ Kehadiran kami ingin berdiskusi dengan ahlinya dunia ikan hias yang sekarang mengelola BBI Margorejo untuk kegiatan dunia ikan hias, yaitu pak Ashief Maftuch, Santri dari Yayasan Arwaniyah. Kami ada program dan anggaran, namun untuk desain dan kebutuhan bagaimana baiknya tentu harus ada urun rembug dari ahlinya. Selain itu juga nanti dengan Ketua Forum Ikan Hias Kudus, Mas Christian Rahadiyanto ,” kata Catur Sulistiyanto disela-sela melihat kawasan BBI Margorejo.

Berdasarkan rencananya, kedepan lokasi BBI Margorejo akan menjadi pusat perdagangan dan pengembangan sekaligus wisata ikan hias di Kudus. Hal ini sekaligus terintegrasi desa Margorejo yang bakal menjadi desa Wisata. Sebab saat ini tidak jauh dari lahan BBI terdapat lahan pertanian durian dan penangkaran rusa. Sedangkan BBI di Hadipolo Kecamatan Jekulo akan difungsikan untuk pengembangan ikan jenis konsumsi.

SHOW ROOM. Ashief Maftuch dan Catur Sulistiyanto bersama Abdullah Muttaqin kompak bersemangat menata ruang aula menjadi lebih baik.

“ Kita yakin ini sangat berpotensi menjadi lokasi wisata baru sekaligus bisa menambah PAD ( Pendapatan Asli Daerah). Pembangunannya bertahap, mulai bagian depan lalu pagar samping kemudian kelengkapan lainnya. Sekarang saja produk ikan Koi dari Kudus sudah banyak dikenal diluar kota dan pulau. Nah, dengan adanya sentra disini pasti akan berkembang lebih pesat ,” tuturnya.

Ashief Maftuch, Santri Yayasan Arwaniyah, sebagai pihak yang bekerjasama mengelola BBI Margorejo mengatakan sangat berterimakasih dengan suport dan kehadiran Kadispertanpangan Kudus, Catur Sulistiyanto.

“ Alhamdulilah, kami sebagai santri bersama teman-teman yang ingin berikhtiar memajukan dunia ikan hias di Kota Kudus dan sekaresidenan Pati mendapat suport penuh dari Bapak Catur Sulistiyanto selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan. Terima kasih kami diajak bermusyawarah untuk desain gedung untuk memajukan BBI Margorejo menjadi farm sebagai rujukan berbagai kota ,” kata Ashief Maftuch.

BERSAMA. Dinas Pertanian dan Pangan bersama pengelola BBI Margorejo bersama-sama memajukan dunia ikan hias menjadi lebih baik.

Menurutnya, lokasi bagian depan juga akan difungsikan sebagai show room koi, koki, Guppy dan ikan hias lainya. Dengan perubahan ini kita akan menata jadi lokasi budidaya ikan hias sehingga bisa membantu pemerintah dalam mencukupi kebutuhan pasar.

“ Kami mengajak semua penghobi ikan jenis semua jenis untuk maju dan lebih baik kedepannya ,” imbuhnya.

Abdullah Muttaqin, Kepala UPT Balai Benih Ikan dan Tanaman, menambahkan bahwa desan jalan pintu akan diperlebar menjadi dua kali lipat. Sehingga ketika kendaraan keluar dan masuk bisa lebih leluasa.

“ Konsep kita kan bukan hanya mobil pribadi yang masuk. Tetapi juga kendaraan besar seperti bus bisa masuk dengan mudah. Sehingga rombongan dari luar kota parkirnya di dalam. Kita yakin dengan kerjasama dinas dengan para ahli ikan hias, akan membuat Kudus semakin dikenal di Indonesia bahkan luar negeri ,” tambah Muttaqin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PPL Admin Kecamatan Dilatih Input Data Kartu Tani

Mejobo,- Setelah Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Kudus melakukan sosialisasi tentang kartu tani di level ...