Home » UPT Penyuluhan » BPP Undaan Raih Juara I Agroexpo UMK
SEMANGAT. Hasan dari BPP Undaan menerima penghargaan juara I di Agroexpo UMK dari Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto.

BPP Undaan Raih Juara I Agroexpo UMK

Mejobo,- Totalitas. Itulah kinerja yang dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus dibawah komando Catur Sulistiyanto S.Sos MM. Guna semakin menaikkan semangat pada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sebagai ujung tombak dalam pembinaan pertanian di Kabupaten Kudus maka dilakukan kompetisi kreatif dan inovatif. Kali ini dengan melalui lomba stand BPP Kecamatan di Agroexpo UMK pekan lalu. Jurinya selain pihak dinas juga berasal dari akademisi yakni Fakultas Pertanian UMK.

“ Tujuan dari kompetisi ini bukan semata-mata untuk mencari juara I. Namun yang terbaik dan yang baik. Sebab semuanya menampilkan kreasi terbaik. Namun dari segi kreatifitas setiap PPL tentu berbeda-beda. Karena itu saya memberikan kebebasan kepada tim juri untuk memberikan penilaian paling obyektif. Sampai tadi pagi sebelum apel ini juga belum diberitahu ,” kata Catur Sulistiyanto saat memimpin apel pagi pada Selasa (26/09) di halaman kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kudus komplek Perkantoran Mejobo.

KEBERSAMAAN. Catur Sulistiyanto berada ditengah-tengah para PPL dari BPP Kecamatan Undaan usai apel di halaman kantor dinas.

“ Alhamdulilah, kemarin kita mendapatkan penghargaan juga dari Kementerian Pertanian RI terkait Luas Tambah Tanam. Ini juga berkat kerja tim dari PPL Kecamatan dan Bidang Tanaman Pangan ,” lanjutnya.

MAGANG. Para mahasiswa Fakultas Pertanian UMK yang sedang praktik di Dinas Pertanian dan Pangan Kudus ikut apel menyaksikan pengumuman Agroexpo.

Ketua tim juri, Edi Joko Pranoto SE MM melalui Ir Pandji Samodro MM, selaku sekretaris tim juri, mengungkapkan bahwa nilai penjurian merupakan gabungan dari tim birokrasi dan akademisi. Sehingga diperoleh hasil paling obyektif. Sebab hampir semua stand BPP kecamatan menampilkan kreasi terbaiknya.

“ Unsur penilainnya ada tiga yaitu Firmitas, utilitas dan venusitas ,” terang Pandji Samodro di hadapan peserta apel BPP seluruh kecamatan dan ASN Dinas Pertanian dan Pangan.

Dijelaskan, Firmitas atau kesesuaian dengan tema yakni kesesuaian item/produk yang ditampilkan dengan tema terkait, kesesuain informasi yang ditampilkan di stand dan kesesuain atau ketepatan informasi.

Utilitas atau penempatan dan pemanfaatan ruang dengan sub aspek banyaknya produk serta ketersediaan komponen pendukung. Selain itu juga kelengkapan sarana dan prasarana. Sedangkan Venusitas atau keindahan dengan sub aspek tata letak, keindahan, kebersihan dan dekorasi. Indikatornya bisa terlihat dari kepatutan tata letak barang, keindahan stand, kebersihan stand, kerapian dan dekorasi serta etika dari penjaga stand atau customer service.

“ Dari sembilan stand itu, kami sebagai tim juga sampai harus berdiskusi lama untuk menentukan. Sebab hampir semuanya bagus-bagus dan kreatif. Namun dalam di setiap penjurian harus tetap menentukan juara I, II dan III ,” imbuhnya.

Berdasarkan penilaian dari tim juri, peringkat pertama diraih oleh BPP kecamatan Undaan dengan nilai 851, disusul BPP Kecamatan Jekulo meraih skor 820 dan peringkat ketiga BPP kecamatan Mejobo dengan angka total 759.

“ Untuk Jekulo ini mungkin karena juga didukung doa Pak Harjono ( Koordinator BPP) waktu melaksanakan ibadah haji kemarin ,” gurau Pandji Samodro.

Hasan, perwakilan BPP Undaan karena koordinatornya sedang sakit, mengatakan bila penghargaan juara I yang diraih pihaknya merupakan hasil dari kinerja dan kekompakan tim.

“ Alhamdulilah, kreatifitas dan inovatinya teman-teman PPL BPP Undaan mendapatkan penghargaan. Semoga kita semakin bersemangat mengabdi di dunia pertanian ,” ucap Hasan usai apel penerimaan penghargaan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kadispertanpangan Kawal Pembukaan Pintu Air ke Wilayah Undaan

Klambu,- Guna memastikan air dari waduk Kedungombo mengalir ke Kecamatan Undaan Kudus sesuai jadwal yakni ...