Home » UPT Puskeswan » Ada Hotel Kerbau di RPH Kudus

Ada Hotel Kerbau di RPH Kudus

Kaliwungu,- Bukan hanya manusia yang membutuhkan hotel untuk melepas lelah setelah perjalanan perjalanan jauh. Di komplek Rumah Potong Hewan (RPH) Prambatan Kidul, terdapat penginapan untuk kerbau dan sapi sambil menunggu proses pemotongan.

Bentuknya sangat sederhana berupa bangunan los panjang. Dinding pemisah setinggi kepala antar kerbau/sapi. Sebelahnya terdapat tiang untuk menambatkan tali yang mengikat leher kerbau.

“ Namanya hotel kerbau ya seperti begitulah bentuknya. Kandang untuk transit kerbau atau sapi sebelum dipotong ,” ujar Sudibyo, Kepala Puskeswan Gebog yang membawahi operasional RPH.

Adanya hotel kerbau ini memang disediakan untuk para pemilik ternak yang berasal dari luar kota. Namun, peternak wilayah Kudus juga diperbolehkan untuk menginapkan hewan ternaknya disini. Hotel hanya menyediakan tempat secara gratis, sehingga pemilik hewan ternak harus menyiapkan pakan dan perawat sendiri.

“ Kapasitas bisa 50 ekor tempat ini. Gratis. Silahkan saja kalau membawa kerbau atau sapinya kesini sambil menunggu proses pemotongan. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan. Kalau untuk kapasitas pemotongan, kita mampu untuk 40 ekor perhari ,” terangnya.

Prosesnya, lanjut Sudibyo, hewan ternak diistirahatkan supaya posisi tenang. Setelah melalui proses pemeriksaan kemudian diarahkan ke mesin killing box. Kemudian dilakukan pemotongan.

“ Kita disini memang menggunakan mesin killing untuk merobohkan kerbau atau sapi. Ini memang alat baru dan petugas jagalnya tidak kerepotan merobohkan secara tradisional. Setekah killing boxnya dimiringkan kemudian modin melakukan penyembelihan. Kita jamin daging yang dihasilkan benar-benar sehat dan halal. Kalau ada pemilik ternak ragu dengan modin disini, boleh juga membawa sendiri ,” paparnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kementan Ciptakan Belgian Blue, Sapi Berbobot ‘Raksasa’

Bogor,- Kementerian Pertanian berhasil memproduksi sapi Belgian Blue, jenis sapi belgia yang bobotnya bisa mencapai ...